Pemimpin yang hebat

Salah satu tanggung jawab utama seorang pemimpin adalah untuk menciptakan pemimpin lainnya. Bahkan, itu adalah tugas dan tanggung jawab yang harus langsung dipikirkan oleh seorang pemimpin ketika ia memperoleh suatu jabatan. Misalnya begini, jika saya diangkat menjadi kepala sekolah, bahkan sejak tahun pertama saya harus sudah memikirkan siapa pengganti saya nantinya.

Dengan demikian, kita mempunyai kesadaran penuh bahwa kita tidak akan berada di organisasi dan memegang jabatan tersebut sampai kita mati. Suatu saat kita akan berhenti. Suatu saat kita akan tergantikan, dan hal itu tidak bisa terelakkan. Betapapun kita menolaknya, suatu saat kita akan pergi dari dunia ini dan tergantikan. Ketika kita menjadi pimpinan, tentunya kita diharapkan untuk menjalankan tugas kita agar organisasi, secara keseluruhan, dapat berfungsi optimal.

Pemimpin yang baik, ketika ia pergi dari organisasi, akan memberikan warisan yang bermakna dan para pengikutnya akan merasa kehilangan. Bahkan, organisasi tersebut akan goyah karena tidak adanya pemimpin tersebut.
         
Pemimpin yang hebat, ketika ia pergi dari organisasi, akan memberikan warisan yang bermakna dan para pengikutnya akan merasa kehilangan. Namun, organisasi tersebut tidak akan goyah karena sudah ada pemimpin baru yang telah dipersiapkan untuk menggantikan pemimpin hebat tersebut.

Tentunya, kita semua ingin menjadi pemimpin hebat, bukan? Mulai sekarang, marilah kita memimpin para pemimpin berikutnya yang akan menggantikan kita, agar kemudian ketika kita pergi, kita meninggalkan warisan berharga bagi organisasi tempat kita berkarya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flash disk Tidak terbaca, begini cara benerinnya.

Cara buat Google FORM 36

MALAM NISFU SYA'BAN